Jumat, 04 Maret 2016

Salah dan El Shaarawy Bawa Roma Tancap Gas


Salah dan El Shaarawy Bawa Roma Tancap GasFoto: Getty Images Sport/Paolo Bruno
Roma - AS Roma mencatatkan 7 kemenangan beruntun di Serie A usai mengalahkan Fiorentina. Mohamed Salah dan Stephan El Shaarawy jadi dua nama yang punya andil besar.

Roma memetik kemenangan telak 4-1 saat menjamu Fiorentina di Olimpico, Sabtu (5/3/2016) dinihari WIB. Dua gol Salah dan masing-masing satu gol lain dari El Shaarawy dan Diego Perotti cuma mampu dibalas Fiorentina lewat eksekusi penalti Josip Ilicic.

Ini jadi kemenangan ketujuh secara beruntun di liga untuk Roma. Mereka tampil impresif dengan mencetak 22 gol dan hanya kemasukan lima kali dalam periode itu.

Laju mengesankan ini tak terlepas dari performa apik Salah dan El Shaarawy di lini depan. Tampil sebagai penyerang sayap di formasi tiga penyerang Luciano Spalletti, keduanya telah amat produktif sejauh ini.

Salah dalam tujuh pertandingan terakhir telah mencetak enam gol dan empat assist. Sementara El Shaarawy yang tampil di enam dari tujuh laga tersebut, mencatatkan lima gol dan dua assist.

Kontribusi keduanya jelas penting dalam upaya Roma untuk finis tiga besar. Bahkan dengan musim masih menyisakan 10 pekan lagi, Giallorossi bisa berharap lebih untuk mengejar Juventus dan Napoli di dua teratas.

Roma saat ini ada di peringkat tiga dengan nilai 56 dari 28 pekan. Kemenangan atas Fiorentina membuka jarak dengan rivalnya tersebut di posisi empat menjadi tiga poin.

I Lupi saat ini tertinggal lima poin dari Juve di peringkat satu dan dua angka dari Napoli di urutan dua. Meski demikian, Juve dan Napoli masih menyimpan satu laga ekstra untuk dimainkan.

Roma - AS Roma memetik kemenangan penting kala menjamu Fiorentina di lanjutan Serie A. Giallorossi menang dengan telak 4-1 atas La Viola.

Menjamu Fiorentina di Olimpico, Sabtu (5/3/2016) dinihari WIB, Roma sebenarnya mengawali dengan tertekan. Mereka lebih dulu menerima ancaman, antara lain dari aksi Josip Ilicic.

Tapi tuan rumah lantas mendapatkan momentum bagus saat Stephan El Shaarawy membuka skor di menit ke-22. Mereka kemudian memberikan pukulan telak lainnya untuk Fiorentina, saat menggandakan keunggulan hanya tiga menit berselang lewat Mohamed Salah.

Roma tampil efisien untuk menciptakan kesempatan hingga mencetak gol ketiga di laga ini melalui Diego Perotti pada menit ke-38. Sebaliknya Fiorentina justru mendapatkan kesialan lain karena sudah harus mengganti dua pemain karena cedera sampai titik ini.

Borja Valero harus digantikan Cristian Tello di menit ke-29, disusul kemudian Matias Vecino yang ditarik keluar untuk Milan Badelj. Meski demikian, mereka sempat memperkecil ketertinggalan lewat eksekusi penalti Ilicic di akhir babak pertama.

Namun keunggulan dua gol membuar Roma terlanjur nyaman mengontrol permainan. Mereka bahkan menambah gol lewat Salah di menit ke-58. Sementara Fiorentina kesulitan menciptakan peluang apik.

Kemenangan ini berarti penting untuk Roma. Masih menempati posisi tiga klasemen, kini mereka membuka jarak dengan Fiorentina. Roma mengumpulkan nilai 56 dari 28 pekan, unggul tiga angka dari Fiorentina di posisi empat.

Jalannya Pertandingan

Roma memulai laga dengan canggung, di mana Fiorentina gencar melakukan tekanan. Josip Ilicic melepaskan dua percobaan di menit ke-13, tapi masih sedikit di atas mistar gawang Roma.

Roma merespons lewat sepak pojok di menit ke-19. Hanya saja sundulan Kostas Manolas masih melenceng ke kiri, menyambus umpan lambung Diego Perotti.

Tiga menit berselang, Roma memetik keunggulan. Miralem Pjanic melepaskan umpan terobosan terukur ke Mohamed Salah yang berlari di kanan, bola kemudian dioper lagi oleh Salah ke tengah kotak penalti. Di sana sudah ada Stephan El Shaarawy dan mencocor bola ke dalam gawang dengan mudah.

Di menit ke-25, Roma menggandakan keunggulan. Salah yang menguasai bola di kanan, bergerak memotong ke tengah dan melakukan umpan satu-dua dengan Perotti. Salah lantas menuntaskannya dengan sepakan kaki kiri dari depan kotak penalti, yang sempat membentur kaki Davide Astori sebelum masuk ke pojok kiri atas gawang.

Dua menit kemudian, Roma nyaris mencetak gol ketiga. Perotti memanfaatkan kesalahan Astori saat melakukan backpass dan mencuri bola. Hanya saja sepakannya masih membentur tiang.

Fiorentina kemudian mencatatkan peluang di menit ke-31. Sepakan Tino Costa dari luar kotak penalti melebar ke kanan. Tak lama berselang, gantian sepakan akrobatik Nikola Kalinic yang melenceng tipis ke kanan.

Roma lalu merespons dengan upaya Seydou Keita menyambut umpan silang Perotti. Masih melambung sedikit di atas gawang.

Di menit ke-38, Roma mencetak gol ketiganya. Melalui sebuah serangan cepat di sisi kiri, El Shaarawy berakselerasi dan melewati satu pemain. Di dekat kotak penalti, dia kemudian menyodorkan umpan mendatar ke tengah yang disambut sepakan Perotti ke pojok kanan bawah gawang.

Radja Nainggolan memberikan ancaman lain ke Fiorentina di menit ke-41, saat sepakannya dari luar kotak penalti melesat tipis ke kanan gawang.

Di akhir babak pertama, Fiorentina memperkecil ketertinggalan lewat titik putih. Penalti diberikan setelah Lucas Digne menjatuhkan Cristian Tello. Ilicic yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Wojciech Szczesny. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 3-1 untuk Roma.

Dua menit babak kedua berjalan, Antonio Ruediger mengancam gawang Fiorentina. Sundulannya menyambut umpan lambung Pjanic mengarah ke gawang, tapi bisa diamankan Ciprian Tatarusanu.

Fiorentina membalas tak lama berselang. Tendangan Facundo Roncaglia dari luar kotak penalti melebar sedikit ke kanan gawang.

Roma kemudian mencetak gol keempatnya di menit ke-58. Salah lolos dari jebakan offside dan menerima umpan terobosan lambung dari Pjanic di sisi kanan. Penyerang asal Mesir itu tanpa kesulitan menaklukkan Tatarusanu dalam duel satu lawan satu.

Tuan rumah punya peluang lain untuk menambah gol di menit ke-65. El Shaarawy menerima umpan dari Pjanic di kiri, lalu merangsek ke dalam kotak penalti. Hanya saja sepakannya terlalu lemah dan mudah diamankan Tatarusanu.

Fiorentina kesulitan menembus pertahanan Roma dan mencetak peluang bagus di sisa waktu. Sebaliknya Roma efektif menciptakan kesempatan. Di menit ke-90, eksekusi tendangan bebas Francesco Totti di depan kotak penalti cuma membentur bagian luar tiang gawang sebelah kiri.

Tak ada lagi gol sampai laga usai. Roma menang 4-1 atas Fiorentina.

Susunan pemain:

Roma: Szczesny; Florenzi, Manolas, Rdiger, Digne; Nainggolan, Pjanic, Keita; Salah (Dzeko 86'), Perotti (Vainqueur 62'), El Shaarawy (Totti 76')

Fiorentina: Tatarusanu; Roncaglia, Gonzalo Rodriguez, Astori, Alonso; Tino Costa, Vecino (Badelj 34); Ilicic (Fernandez 68'), Borja Valero (Tello 29), Bernardeschi; Kalinic







1 komentar: